Penyebab Kepala Bayi Tidak Rata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kepala Bayi Tidak Rata dan Cara Mengatasinya

Kondisi tubuh bayi akan terus mengalami penyempurnaan sejak lahir hingga nanti berusia 1 tahun. Ada beberapa kondisi yang tidak perlu Anda khawatirkan karena seiring bertambahnya usia akan membaik. Salah satu bagian tubuh yang akan tidak simetris adalah kepala. Berikut ini yang perlu Anda ketahui penyebab kepala bayi tidak rata dan cara mengatasinya.

Apa Penyebab yang Membuat Kepala Bayi Anda Tidak Rata?

  1. Kondisi tulang tengkorak yang sangat lunak sehingga kepala bayi Anda akan mengalami perubahan bentuk saat melewati jalan lahir.
  2. Terjadinya karena proses melahirkan yang Anda lewati menggunakan alat bantu yaitu dengan forceps atau vakum.
  3. Disebabkan adanya tekanan pada bagian belakang kepala bayi karena sering membaringkan bayi Anda dalam posisi telentang.
  4. Kondisi ini juga terjadi karena bagian otot leher bayi yang tegang dan membuat bayi mengalami posisi tidur yang tidak berubah.
  5. Bayi yang lahir secara prematur juga bisa menjadi penyebab kepala bayi yang tidak rata.

Bagaimana Cara Mengatasi Kondisi Kepala Bayi Tidak Rata?

Bentuk kepala bayi yang tidak rata dapat Anda atasi dengan membuat variasi posisi tidur pada bayi. Anda bisa mengganti posisi tidurnya secara berkala dengan tetap mengawasi pernapasan bayi yang akan tetap lancar. Anda bisa mulai mengurangi menidurkan bayi di dalam ayunan. Anda bisa menidurkannya bayi dengan menggendongnya menggunakan kain gendong.

Anda bisa memberikan tidur yang nyaman pada bayi dengan menggunakan tempat tidur dengan bentuk yang ideal. Anda harus memilih bahan tempat tidur yang empuk dan tidak kaku agar bayi Anda dapat berputar arah dengan mudah. Pilih juga tempat tidur yang berkualitas tanpa menyebabkan alergi pada kulit bayi.

Anda bisa mendapatkan tempat tidur bayi yang berkualitas di toko perlengkapan bayi orami.com yang menyediakan berbagai pilihan. Tersedia dengan harga yang terjangkau dan Anda dimudahkan dengan adanya JGOS.

Kondisi kepala bayi yang tidak rata tidak akan berpengaruh pada perkembangan otak bayi sehingga Anda tidak perlu khawatir. Seiring waktu bentuk kepala bayi Anda akan kembali normal sesuai dengan perkembangan usianya. Jika bayi Anda tidak memiliki penyebab yang membuat kepala menjadi tidak rata maka Anda bisa membawanya ke dokter untuk diperiksa.

Kepala tidak rata di bagian tertentu atau bentuknya yang sedikit tempang merupakan kondisi yang biasa terjadi. Selama kondisi tidak ratanya masih dalam kategori aman yang ketika sudah ditumbuhi rambut tidak akan terlihat lagi. Anda bisa mengatasi tidak rata pada bagian kepala yang terlalu panjang dengan menggunakan bantal yang berbahan lembut.

Anda harus hati-hati dalam menjaga bayi selama usianya masih berusia 6 bulan ke bawah. Cara Anda menjaganya akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. Berikan perawatan terbaik dengan cara memenuhi kebutuhan bayi Anda.